H-7 Lebaran, DKP Kembali Pantau Harga dan Pasokan Pangan Kobar

MMC Kobar - Pada H-7 jelang lebaran, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) kembali memantau harga dan pasokan pangan di pasar dalam kota Pangkalan Bun pada Jumat (8/7). Pemantauan yang dilakukan Tim Enumerator dan Analis Ketahanan Pangan ini dilakukan dengan mewawancarai pedagang eceran di tiga titik yaitu Pasar Indra Kencana, Pasar Indra Sari dan Pasar Tembaga Indah. Adapun komoditas yang dipantau yaitu beras premium, beras medium, beras termurah, kedelai biji kering, gula pasir, bawang merah, bawang putih, cabe rawit, daging ayam ras, telur ayam ras dan daging sapi.

Dari hasil pantauan menunjukkan pasokan pangan dalam kondisi aman,  sementara harga cenderung stabil. Dari 11 komoditas terpantau, terdapat 4 komoditas yang harganya turun, 4 komoditas yang harganya masih tetap berada pada kisaran yang sama dengan bulan Mei dan hanya 3 komoditas yang harganya naik dari bulan kemarin. Komoditas yang harganya turun yaitu beras medium, beras termurah, bawang merah dan daging sapi. Adapun beras premium, kedelai biji kering, gula pasir dan daging  ayam ras masih berada di kisaran harga yang sama dengan bulan Mei. Sementara yang naik harganya adalah bawang putih, cabe rawit dan telur ayam ras.

“Kita akan terus memantau harga pangan segar di tingkat pedagang dan petani sebagai alat kendali awal terhadap inflasi,” ujar Plt Kepala DKP Kobar Ida Pandanwangi ketika dimintai keterangannya.

Pada kesempatan ini pula, Ida Pandanwangi menghimbau agar para pedagang tidak memanfaatkan kesempatan menjelang lebaran ini untuk mendongkrak harga jual melebihi tingkat kewajaran serta tetap menjaga mutu dan keamanan pangan yang dijual.

“Untuk konsumen di Kobar mulai saat ini bisa memanfaatkan info resmi yang telah diolah oleh Pemerintah Daerah melalui Dinas Ketahanan Pangan. Kita selalu update harga melalui videotron di depan kantor,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan DKP Kobar Syahyani mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan respon cepat dari DKP Kobar atas Instruksi Kepala DKP Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) untuk mengantisipasi kenaikan harga pangan di Kalteng.

“Makanya kami tambah jadwal Tim Enumerator untuk cek harga di tingkat pedagang eceran, terutama jelang lebaran seperti sekarang untuk menghindari keresahan warga”, terangnya.

Selain itu, beliau juga menyatakan bahwa Tim Enumerator dan Analis Ketahanan Pangan DKP Kobar akan terus pantau harga dan pasokan pangan hingga H-2 lebaran nanti. (Sinta)