Gubernur Kalteng Hadiri Puncak Peringatan HUT Ke 60 Kabupaten Kobar

MMC Kobar – Kamis (3/10) Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar puncak Peringatan HUT Ke 60 Kabupaten Kobar di halaman Kantor Bupati. Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran berkesempatan hadir menjadi inspektur upacara pada Peringatan HUT Ke 60 Kabupaten dengan semboyan “Marunting Batu Aji” ini.

Upacara Peringatan HUT Ke 60 Kabupaten Kobar yang mengambil tema “Kerja Nyata Kobar Jaya” ini dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Kobar, Sekda Provinsi Kalteng, Unsur Forkopimda, beberapa Bupati dan Wabup Kabupaten tetangga, mantan Bupati Kobar dan ahli waris pendiri Kobar.

Upacara Peringatan HUT Ke 60 Kabupaten Kobar ini diawali dengan pembacaan singkat sejarah Kabuapaten Kobar.

Dalam sambutannya Gubernur Kalteng Sugianto Sabran mengajak seluruh masyarakat dan penyelenggara pemerintahan bersama-sama untuk mewujudkan percepatan pembangunan di Kabupaten Kobar.

“Saya mengajak kepada seluruh masyarakat dan penyelenggara pemerintahan serta berbagai pihak agar menjadikan Peringatan Hari Jadi Kabupaten kotawaringin Barat ini sebagai semangat baru dalam rangka mewujudkan percepatan pembangunan di kabupaten yang kita cintai ini,” ujar Gubernur Kalteng.

Untuk mewujudkan hal tersebut, lanjut Gubernur Kalteng, diperlukan semangat kebersamaan, kerja keras dan kekompakan kepada seluruh komponen masyarakat.

“Apabila hal tersebut kita lakukan bersama-sama, insya Allah berbagai hambatan dan proses penyelenggaraan pembangunan di Kabupaten Kootawaringin Barat dapat teratasi,” kata Gubernur Sugianto.

Lebih lanjut, Gubernur Kalteng menyampaikan berbagai keberhasilan pembangunan yang telah diraih Kabupaten Kobar harus dipertahankan. Pada tahun 2019 ini berbagai prestasi diraih Kabupaten Kobar, diantaranya adalah :

  • Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat menerima penghargaan Anugerah Paritrana dari BPJS Ketenagakerjaan Pusat yang telah menilai peran aktif dan kepedulian Pemkab Kotawaringin Barat terkait perlindungan tenaga kerja dan pegawai;
  • Kabupaten Kotawaringin Barat meraih penghargaan sebagai kabupaten terproaktif untuk input e-RDKK oleh Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian;
  • Kabupaten Kotawaringin Barat masuk dalam nominasi Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2019. Bumi Marunting Batu Aji menjadi salah satu dari 17 kabupaten di Indonesia yang menjadi perhatian Pemerintah Pusat terkait program pembangunan dan inovasi daerah yang menjadi unggulan pembangunan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).
  • Kabupaten Kotawaringin Barat berhasil meraih penghargaan adipura untuk yang ke-12 (dua belas) kali berturut-turut. Penghargaan Adipura diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Yusuf Kalla;
  • Bupati Kotawaringin Barat Hj Nurhidayah, menerima penghargaan sebagai Srikandi Lingkungan Hidup dan Kehutanan Inspirasi Generasi Muda oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Direktorat Jendral Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan.
  • Kabupaten Kotawaringin Barat kembali mendapat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK - RI) Republik Indonesia terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah yaitu Tahun Anggaran 2018.

Pada akhir acara Peringatan HUT Ke 60 Kabupaten Kotawaringin Barat ini, para tamu undangan disuguhkan dengan pegelaran tarian kolosal kesenian daerah dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kobar yang melibatkan siswa-siswi SMP, SMA, SMK, dari sanggar tari serta perguruan pencak silat lokal yang ada di Pangkalan Bun. (humas diskominfo Kobar)