DPRD Kobar Sepakati Ranperda SPBE

MMC Kobar - Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), M Rusdi Gozali membuka kegiatan Rapat Gabungan Komisi - Komisi DPRD bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Kobar di Ruang Rapat DPRD, Selasa (04/02). Rapat yang dihadiri oleh anggota DPRD dan beberapa SOPD terkait ini membahas 4 Ranperda, diantaranya adalah tentang Ranperda SPBE.

SPBE merupakan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik yang diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Kobar, Rody Iskandar menuturkan Pemkab Kobar berusaha mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

“Penerapan SPBE melibatkan berbagai instansi pemerintah yang ada di Kabupaten Kobar dengan memberdayakan SDM yang ada,” kata Rody.

Selain itu, lanjut Rody, SPBE ini juga merupakan konten yang mendukung smart city. Dari segi Infrastuktur sudah ada kabel FO (Fiber Optik) yang akan digunakan oleh Dinas Perhubungan untuk mengontrol lalu lintas secara elektronik. Dinas Perhubungan juga akan menginisiasi ATCS (Area Traffic Control System) untuk mengendalikan area lalu lintas sehingga dapat mengurangi kemacetan di beberapa titik.

“Pembangunan jaringan FO sudah pada tahap pertama, selain itu juga ada pusat pengelolaan data yang didukung dengan internet kecepatan tinggi, ketersediaan power suplay (genset) yang digunakan untuk pengolahan data dan cctv ruang publik. SOPD yang membutuhkan akses ruang publik bisa memanfaatkan jaringan infrastruktur yang sudah dibangun oleh Pemerintah Daerah,” terangnya lagi.

Ketua DPRD Kabupaten Kobar, Rusdi Gozali mengatakan DPRD Kobar sangat mendukung adanya SPBE ini dan berharap secepatnya dapat diterapkan di lingkungan Pemerintahan Daerah Kabupaten Kobar.

Leading Sector SPBE ini diinisiasi oleh Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Kobar, Bappeda, Bagian Organisasi Setda dan beberapa SOPD terkait. (dcy-jpm/humas dikominfo kobar)