Dorong UMKM Jatim Untuk Jualan Online

Sidoarjo, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika mendorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah untuk berjualan online dengan memanfaatkan marketplace yang ada. 

Bahkan Kementerian Kominfo berupaya memberikan pelatihan dan fasilitasi simulasi jualan online untuk mengajak pengusaha UMKM membangun dan menggerakkan usaha ecommerce di Indonesia.

"Melalui kegiatan ini, diharapkan para pelaku UMKM dapat semakin terstimulasi untuk memaksimalkan e-commerce untuk mengembangkan usaha mereka," kata Sekjen Kementerian Kominfo, Farida Dwi Cahyarini dalam Forum Sosialisasi Belanja dan Jualan Online bersama para pelaku UKM. Seperti yang digelar di Pendopo Sidoarjo, Selasa (6/11/2018).

Menurut Farida, Indonesia memiliki potensi besar menjadi negara ekonomi digital terbesar di Asia, mengingat saat ini terdapat penetrasi pengguna internet yang mencapai lebih dari 132 juta, pengguna e-commerce pun terus meningkat dengan bertambahnya portal e-commerce yang memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat saat ini.

“Langkah pertama adalah rencana strategis pengembangan e-commerce di Indonesia dengan target pertumbuhan transaksi e-commerce USD 130 Miliar pada tahun 2020 dengan mendorong kekuatan ekonomi nasional yang berbasis ekonomi digital,” jelas Farida.

Sekjen Farida menjelaskan Kementerian Kominfo melakukan percepatan pembangunan infrastruktur akses telekomunikasi untuk mendukung pencapaian ekonomi digital itu.

“Selain membangun infrastruktur dan mengembangkan ekosistem digital, Kementerian Kominfo juga melaksanakan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat dan pelaku usaha tentang pemanfaatan e-commerce, yang salah satunya diselenggarakan di Kabupaten Sidoarjo ini,” lanjutnya.

Acara yang berlangsung di Pendopo Kabupaten Sidorjo itu dihadiri oleh Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian & Maritim Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik, Septriana Tangkary.

Menurut Direktur Septriana transaksi online melalui portal e-commerce semakin populer digunakan di masyarakat luas. "Hal itu sangat positif karena semakin mudah untuk menghubungkan penjual dan pembeli saat ini," jelasnya.

Lebih lanjut Septriana menyatakan Kementerian Kominfo mendorong UMKM untuk mulai jualan online melalui Sosilisasi Gerakan Ayo UMKM Jualan Online. 

"Penting disampaikan kepada UMKM agar semakin mengerti potensi pasar yang begitu besar. Langkah awal sudah terjajaki, namun edukasi akan penggunaan portal e-commerce penting untuk terus dilakukan," jelas Septriana.