DLH kobar Lakukan Pembinaan dan Pelatihan Bank Sampah bagi UMKM dan Karang Taruna di Kecamatan Pangkalan Lada

Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 (PSLB3) M. Robiannor, S.P., M.P. saat memberikan materi di hadapan para peserta Pembinaan dan Pelatihan Bank Sampah bagi UMKM dan Karang Taruna di Kecamatan Pangkalan Lada, Rabu (11/12). Foto: dok. DLH Kobar

MMC Kobar - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kobar melalui Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 (PSLB3) berkolaborasi dengan Camat Pangkalan Lada melaksanakan pembinaan dan pelatihan Bank Sampah bagi UMKM dan Karang Taruna di Aula Kecamatan Pangkalan Lada pada Rabu (11/12).

Kegiatan tersebut diinisiasi oleh Camat Pangkalan Lada untuk menumbuhkan peluang usaha bagi UMKM dan Karang Taruna melalui pengelolaan sampah dan bank sampah.

(Baca Juga : Pemkab Kobar Awasi Keamanan dan Mutu Pangan Segar)

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Camat Pangkalan Lada, Robby Setiawan ini diikuti oleh peserta yang berasal dari beberapa unsur yakni Kepala Desa, UMKM, Karang Taruna, Forum Kota Sehat Kecamatan Pangkalan Lada dan Ibu-Ibu Tim Penggerak PKK Kecamatan Pangkalan Lada.

Hadir sebagai narasumber Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 (PSLB3) M. Robiannor, yang menyampaikan bahwa melalui kegiatan ini diharapkan sampah dapat terkelola dari sumbernya dan menjadi sumber ekonomi, lapangan usaha bagi UMKM dan Karang Taruna sekaligus sebagai lapangan kerja baru bari para pemuda setempat melalui organisasi Karang Taruna.

"Kami berharap setelah pembinaan dan pelatihan ini, para peserta dapat terbuka wawasannya dalam mengembangkan usaha atau membuka lapangan kerja baru melalui pengelolaan sampah dan bank sampah," ujar Robi.

Selain Kabid PSLB3, hadir pula sebagai narasumber yaitu Direktur Bank Sampah Induk Berkah Jaya Plastindo, Akhmad Syamsul yang memberikan materi tentang mekanisme dan tata cara menabung sampah bagi warga masyarat. Sedangkan Pimpinan Pangkalan Bun Organik, Sutoyo memberikan materi tentang tata cara pembuatan kompos (pupuk organik). (karlan08/dlh.kobar)