Dishub Kobar bersama Perum Damri Cabang Palangka Raya Survey Trayek Kawasan Pariwisata di Kobar

MMC Kobar - Sebagai tindak lanjut ditetapkannya Taman Nasional Tanjung Putting (TNTP) di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Provinsi Kalimanatan Tengah (Kalteng), Dinas Perhubungan (Dishub) Kobar bersama Perum Damri Cabang Palangka Raya, Dinas Pariwisata (Dispar) Kalteng dan Dispar Kobar melaksanakan survey Trayek Kawasan Pariwisata di Kobar, Minggu (30/08).

Rencana trayek angkutan pariwisata tersebut sebagai titik awal menentukan simpul lalu lintas yang akan dilewati angkutan pariwisata sehingga akan memberikan kemudahkan transportasi khusus wisata bagi para wisatawan baik lokal maupun wisatawan manca negara.

Kepala Dishub Kobar yang didampingi Kepala Seksi Keselamatan, Kepala Seksi Angkutan, dan Kepala Seksi Lalu Lintas memberikan gambaran rute potensial pariwisata di Kobar terutama menuju Tanjung Puting dan tempat wisata lainnya di Kobar kepada tim dari Perum Damri Palangka Raya.

Untuk mendukung kawasan strategis pariwisata nasional, manajemen Perum Damri merencanakan pada tahun 2021 mendatang akan mengoperasionalkan bus pariwisata milik Perum Damri yang akan menunjang transportasi dari dan menuju beberapa tempat wisata yang ada di Kobar.

Selanjutnya Kepala Dishub Kobar, Fitriyana menyambut baik rencana Perum Damri dalam mendukung kawasan strategis pariwisata nasional dengan mendukung sarana transportasi berupa bus pariwisata yang akan dioperasionalkan di Kobar. Hal ini dilakukan untuk memudahkan para wisatawan untuk menjangkau tempat wisata khususnya Taman Nasional Tanjung Putting (TNTP).

“Melalui jalan darat akan bekerja sama dengan Perum Damri sebagai penyedia jasa transportasi untuk menindaklanjuti terwujudnya pelaksanaan KSPN di Kobar. Dengan adanya angkutan khusus pariwisata di Kobar diharapkan akan menambah daya tarik tersendiri terhadap masyarakat dalam negeri dan mancanegara untuk berkunjung dan berwisata di Kobar,” ujar Fitriyana.

“Telah dilakukan survey bersama Pihak Perum Damri Cabang Palangka Raya, Dispar Kalteng, dan Dispar Kobar pada empat titik yakni di Terninal Natai Suka Pangkalan Bun, Bandar Udara Iskandar Pangkalan Bun, Dermaga TNTP Kumai, dan Citimall Pangkalan Bun Kobar,” terangnya. (dishub kobar)