Di Kobar, Delapan Sekolah Swasta Predikat Adiwiyata

MMC Kobar - Sebanyak delapan sekolah di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) kembali mendapat sertifikat sekolah Adiwiyata dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah. Predikat sebagai sekolah Adiwiyata sudah sering di dapat oleh sekolah di Kobar karena menerapkan berwawasan lingkungan.

Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Kobar, Dinas Lingkungan Hidup Kobar, Fitriyana, mengatakan sekolah yang mendapat predikat Adiwiyata di Kabupaten Kobar bertambah banyak. Kerena baru-baru ini, delapan sekolah kembali mendapat predikat sekolah Adiwiyata.

"Dalam Rakorda Lingkungan Hidup se Kalimantan Tengah di Buntok, Pemerintah Provinsi kembali mengumumkan sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Kalteng. Termasuk di Kobar meraih predikat sekolah Adiwiyata," kata Fitriyana usai mengikuti perayaan Hari Pendidikan Nasional di Halaman Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kobar, Rabu (2/5).

Total, lanjut Fitriyana ada delapan sekolah di Kobar yang mendapatkan sertifikat sekolah Adiwiyata. Untuk tingkat SD diantaranya SDS Harapan Sejahtera, SDS Pesona Astra, SDS Astra Agro Lestari, SDS Surya Persada dan SDS Bumitama.  Untuk tingkat SMP yakni, SMPS Indah Makmur, SMPS Pesona Astra, dan SMPS Astra Agro Lestari.

"Delapan sekolah ini adalah sekolah swasta. Untuk SMPS Indah Makmur berada di urutan pertama dengan peringkat tertinggi tingkat SMP. Selanjutnya kedua SMPS Astra Agro Lestari dan posisi ketiga SMPS Pesona Astra. Baru posisi selanjutnya dari sekolah dari daerah lain," ujarnya.

Delapan sekolah baru yang mendapat predikat sekolah Adiwiyata ini menambah banyak sekolah Adiwiyata di Kobar. Sehingga tidak hanya sekolah negeri saja, sekolah swasta juga menerapkan berwawasan lingkungan.

"Semakin banyak sekolah di Kobar yang mendapat predikat sekolah Adiwiyata. Terbukti sekolah negeri dan swasta juga membuktikan bisa meraih predikat sekolah adiwiyata," terangnya.

Kali ini yang mendapat predikat sekolah Adiwiyawa justru diborong dari sekolah swasta. Namun sekolah negeri di Kobar juga banyak yang sebelumnya mendapat predikat sekolah Adiwiyata. Sehingga ini menjadi prestasi yang membanggakan karena banyak sekolah yang termotivasi menjadi sekolah Adiwiyata.

"Kami dari DLH Kobar terus mendorong sekolah-sekolah untuk menerapkan berwawasan lingkungan. Dengan menerapkan sekolah berwawasan lingkungan, para siswa juga terlatih membuang sampah pada tempatnya dan bisa menjaga lingkungan tetap bersih," bebernya. (Humas Diskominfo Kobar)