Dampingi DPRD Kobar, Dishub Monitoring Lapangan di Pelabuhan Penyeberangan dan Pelabuhan Panglima Utar Kumai

MMC Kobar - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mendampingi Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kobar melakukan monitoring lapangan ke Pelabuhan Penyeberangan Kumai dan Pelabuhan Panglima Utar Kumai, Kamis (14/05).

Monitoring lapangan tersebut dalam rangka memantau pendistribusian logistik di wilayah Kobar melalui Pelabuhan Penyeberangan Kumai dan di Pelabuhan Penglima Utar Kumai sekaligus memantau kondisi serta aktifitas dipelabuhan untuk memastikan tidak ada arus mudik lebaran 1441 hijriyah ditengah pandemi Covid-19.

Kepala Dishub Kobar, Fitriyana yang ikut serta dalam rombongan monitoring lapangan bersama Komisi C DPRD Kobar menyampaikan bahwa kegiatan monitoring lapangan untuk memantau aktifitas dipelabuhan baik distribusi logistik, infrastruktur, serta memastikan tidak ada penumpang yang mudik.

"Mengingat semakin bertambahnya jumlah pasien terkonfirmasi positif yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, saat ini pemerintah daerah menghimbau agar tidak melakukan mudik untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kobar,” imbau Fitriyana.

Saat melakukan monitoring lapangan di Pelabuhan Penyeberangan Kumai, Dishub Kobar bersama Komisi C DPRD Kobar juga turut serta pejabat dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kobar yang meninjau langsung kondisi jalan menuju Pelabuhan Penyeberangan Kumai.

Peningkatan jalan tersebut dianggap sangat penting dilakukan untuk menunjang aktifitas kendaraan dari dan menuju Pelabuhan Penyeberangan Kumai. Disisi lain, ruas jalan tersebut merupakan jalur menuju kawasan industri yang padat aktifitas kendaraan.

“Dishub Kobar mengusulkan agar jalan dari dan menuju Pelabuhan Penyeberangan Kumai dapat ditingkatkan supaya aktifitas dapat berjalan aman, lancar, dan nyaman,” ujar Fitriyana.

Setelah melakukan monitoring lapangan ke Pelabuhan Penyeberangan Kumai, rombongan melanjutkan monitoring lapangan ke Pelabuhan Panglima Utar Kumai. Tiba dilokasi, rombongan disambut dan didampingi langsung oleh general manager PT Pelindo III Kumai.

“Monitoring lapangan di Pelabuhan Panglima Utar Kumai untuk memantau kegiatan pendistribusian logistik serta meninjau langsung ke terminal penumpang Pelabuhan Panglima Utar Kumai untuk memastikan tidak ada penumpang arus mudik lebaran 1441 hijriyah,” ujarnya lagi. (Dishub Kobar)