Bupati Panen Raya Padi di Berambai Makmur

MMC Kobar - Didampingi Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dan unsur Muspida, Bupati Kobar Hj Nurhidayah melakukan panen raya padi seluas 140 Ha di Desa Berambai Makmur Kecamatan Pangkalan Banteng, Sabtu (21/7). Hasil rata-rata padi varietas kabir dan ketan yang diperoleh mencapai 4,91 ton/ha gabah kering giling (GKG).

Sebelumnya pada Rabu (18/7) kemarin, Poktan Tani Maju Desa Pangkalan Satu Kecamatan Kumai juga melakukan panen padi varietas lokal dadahup dan mapan 01 bantuan pemerintah yang ditanam bulan April lalu, dengani total luas lahan mencapai 25 Ha.

(Baca Juga : Sasar Wilayah Pesisir, Disdukcapil Beri Pelayanan Langsung)

Kepala Dinas TPHP Kobar Kamaludin mengatakan bahwa progres swasembada pangan yang digenjot Pemerintah Daerah Kobar semakin meningkat dari tahun ke tahun, terutama untuk padi varietas lokal. Jenis-jenis padi varietas lokal menjadi perhatian khusus Dinas TPHP Kobar untuk dikembangkan luasan tanamnya karena memiliki beberapa keunggulan-keunggulan tertentu. Antara lain, lebih tahan hama, cuaca dan kondisi tanah di Kobar serta lebih digemari oleh masyarakat Kobar.  Untuk meningkatkan produktivitas tanaman pangan, Dinas TPHP Kobar juga mempersiapkan brigade alsintan yang sudah mulai disalurkan ke petani.

Terakhir beliau berharap, petani-petani muda di Kobar lebih giat dan bersemangat untuk kembali turun ke sawah-sawah yang sudah dicetak oleh Pemerintah Kabupaten Kobar melalui Dinas TPHP Kobar, hal ini mengingat peralatan pertanian modern sudah disiapkan oleh Dinas TPHP Kobar sehingga hasil pertanian dapat ditingkatkan produktivitasnya untuk menjamin kekuatan pangan dimasa mendatang. (Syarif HD/DTPHP)