Bupati Hj Nurhidayah Salurkan Bantuan Bibit dan Kendaraan Angkutan Pascapanen kepada Poktan

MMC Kobar – Beberapa saat lalu tepatanya awal bulan Agustus di beberapa wilayah di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengalami bencana banjir. Banjir tersebut membuat tergenangnya lahan pertanian dan mengakibatkan gagal panen.

Melihat kondisi ini, Pemkab Kobar melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Dinas TPHP) menyiapkan bantuan berupa benih sayuran, pupuk serta obat obatan sehingga masyarakat bisa melanjutkan kegiatan bertani pasca bencana. Selain itu terdapat bantuan yang bersumber dari APBN berupa kendaraan roda tiga sebagai sarana angkutan pascapanen.

Bantuan tersebut merupakan usulan dari Dinas TPHP Kobar yang telah disetujui oleh Pemerintah Provinsi. Penyaluran bantuan dilaksanakan pada Jumat (11/9) oleh Bupati Kobar Hj Nurhidayah. Bertempat dihalaman Kantor Bupati, bantuan simultan diserahkan kepada beberapa kelompok tani.

Hj Nurhidayah dalam sambutannya mengatakan bantuan ini adalah komitmen pemerintah daerah untuk membantu dan mengurangi kerugian masyarakat akibat bencana banjir.

"Kelompok tani harus terus termotivasi, bagaimana kita bisa berinovasi, berproduksi ke depan, dan pemerintah akan hadir membantu mereka khususnya di situasi masa pandemi. Saya berharap bisa dipergunakan dan dirawat untuk keberlanjutan kegiatan pertanian" kata Hj Nurhidayah.

Hj Nurhidayah juga menuturkan bahwa di dalam situasi pandemi Covid-19 ini, pertanian Kotawaringin Barat mampu bertahan dan menjadi penopang ekonomi. (prokom kobar)