BKPP Kobar Gelar Rapat Persiapan Jelang SKB CPNS

MMC Kobar - Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) selaku leading sector pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS Kobar formasi tahun 2019 terus mematangkan persiapan. Setelah mendapat rekomendasi dari Gugus Tugas Covid-19 Kobar sebagai syarat mutlak penyelenggaraan SKB, BKPP langsung melakukan rapat persiapan.

Rapat dilaksanakan pada Rabu (26/08) yang bertempat di aula BKPP dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda), Suyanto selaku ketua panitia penerimaan CPNS Kobar. Selain dihadiri panitia internal BKPP, rapat juga dihadiri perwakilan dari Polres Kobar, Dinas Kesehatan, Dinas Kominfo, BPBD dan Satpol PP Damkar.

Kepala BKPP, Aida Lailawati dalam laporannya mengatakan bahwa pelaksanaan SKB kali ini tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan sebelumnya. Hanya saja yang perlu menjadi penekanan adalah penerapan protokol kesehatan yang ketat.

“Untuk itu kami telah menyiapkan sarana dan prasarana serta kepanitian yang ditunjuk melibatkan lintas instansi untuk memenuhi standar protokol kesehatan,” ujar Aida.

Sementara itu, Sekda Kobar Suyanto dalam arahannya mengatakan inti dari penerapan protokol kesehatan mencakup 4M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

“Untuk itu perlu ditekankan kepada panitia maupun peserta agar betul – betul mematuhi 4M dalam pelaksanaan SKB nanti,” ujar Sekda.

Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah penyediaan jaringan internet dan sambungan listrik yang memadai saat pelaksanaan SKB. “Untuk jaringan internet yang tidak terpakai agar sementara dialihkan ke BKPP dulu,” ujar Sekda lagi.

Menanggapi permintaan Sekda terkait penyediaan jaringan internet, perwakilan dari Dinas Kominfo, Suyono mengatakan pihaknya telah melakukan pengecekan ke ruang CAT BKPP. Pihak Kominfo akan menyediakan dua provider internet yaitu Astinet dengan bandwith 100 mbps dan sebagai back up Indihome dengan bandwith 50 mbps.

“Insya Allah jaringan internet yang kita siapkan sangat memadai, selama tidak ada force majeur,” ujarnya.

Selanjutnya perwakilan dari BPBD, Rusmawardi, mengatakan pihaknya siap menurunkan tim untuk melaksanakan tugas yang diberikan yaitu penyemprotan disinfektan di ruangan yang akan digunakan untuk SKB. "Kami akan melakukan penyemprotan di dua lokasi utama, yaitu Aula dan Ruang CAT sebelum dan sesudah digunakan setiap harinya," ujar Rusmawardi.

Rapat yang berlangsung selama 1,5 jam ini diakhiri Sekda dengan harapan agar nantinya dalam pelaksanaan SKB berjalan dengan lancar. “Semoga kita panitia dan juga peserta selalu diberi kesehatan agar bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya,” ujar Sekda mengakhiri arahannya. (bkpp kobar)