Bersama Taruna/Taruni Asal Kobar, Dishub Kobar Lakukan Pendampingan Pendaftaran Sipencatar 2020

MMC Kobar - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melakukan pendampingan pendaftaran untuk Seleksi Penerimaan Calon Taruna/Taruni (Sipencatar) tahun akademik 2020, Senin (15/06).

Kegiatan ini dilakukan atas dasar inisiatif dari Dishub Kobar bersama dengan taruna/taruni asal Kobar untuk membantu putra/putri lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan di sekolah tinggi perhubungan.

Kepala Dishub Kobar, Fitriyana menyampaikan bahwa menindaklanjuti pengumuman dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI nomor PG.04 Tahun 2020 tanggal 2 Juni 2020 tentang penerimaan calon taruna/taruni pola pembibitan pada perguruan tinggi di lingkungan Kemenhub RI.

“Selain pola pembibitan, ada juga penerimaan calon taruna/taruni melalui jalur reguler atau mandiri. Untuk pendaftaran dan persyaratan yang diperlukan dapat di akses langsung melalui website https://sipencatar.dephub.go.id ,” ujar Fitriyana.

Pendampingan yang dilakukan Dishub Kobar ini merupakan langkah untuk membantu dan memudahkan putra/putri asal Kobar dalam tahap pendaftaran untuk mengikuti Sipencatar 2020. Adapun pendampingan yang dilakukan salah satunya dengan membantu melengkapi persyaratan yang dilampirkan untuk pendaftaran.

Kepala Bidang Pengembangan dan Keselamatan Dishub Kobar, Hendry Purnama menyampaikan bahwa sebelumnya pihaknya telah melakukan pertemuan dengan perwakilan taruna/taruni asal Kobar yang saat ini sedang menjalani pendidikan di Sekolah Tinggi lingkungan Kemenhub RI untuk membahas terkait Sipencatar 2020 khususnya Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD).

“Dengan dibantu 11 orang Taruna/Taruni asal Kobar yang saat ini masih berada di Kobar dalam keadaan masih adanya penundaan kegiatan belajar mengajar di kampus karena situasi pandemi Covid-19, Dishub Kobar bersama dengan taruna/taruni tersebut berinisiatif untuk melakukan pendampingan kepada putra / putri lulusan SMA sederajat asal Kobar yang ingin mendaftar dan melanjutkan pendidikan di Sekolah Tinggi di lingkungan Kemenhub RI,” tambah Hendry Purnama.

Kemudian Ketua Koordinator Pendampingan dari Dishub Kobar, Sigit Arozak menginformasikan bahwa telah dilakukan pendampingan bersama taruna/taruna Sekolah Tinggi di lingkungan Kemenhub RI kepada putra/putri lulusan SMA sederajat asal Kobar untuk melengkapi berkas persyaratan pendaftaran Sipencatar 2020 mulai Jum'at (12/06).

“Sampai dengan hari ini sudah ada 16 orang lulusan SMA sederajat telah mengikuti pendampingan yang sudah dilaksanakan hari Jum'at dan Sabtu kemarin. Ada 8 orang yang sudah masuk proses verifikasi berkas dan 8 orang masih dalam tahap melengkapi berkas disusul tadi pagi ada 2 orang yang menghubungi tim untuk meminta pendampingan jadi sudah ada 18 orang,” pungkas Sigit Arozak. (dishub kobar)