Bersama BKN, Kominfo Gelar SKD untuk 4.328 CPNS di Jakarta

Jakarta, Kominfo - Tahapan kedua seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 Kementerian Komunikasi dan Informatika telah berlangsung. Biro Kepegawaian dan Organisasi Sekretariat Jenderal Kementerian Kominfo bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah memfasilitasi 4.328 orang calon untuk mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Dasar berbasis komputer di DKI Jakarta.

Kepala Biro Kepegawaian dan Organisasi Setjen Kementerian Kominfo, Cecep Ahmed Feisal memastikan Kementerian Kominfo berupaya mendukung kelancaran pelaksanaan seleksi yang dilakukan Panitia Seleksi Nasional Badan Kepegawaian Negara.

"Selama 3 hari, mulai hari Sabtu (03/11/2018) panitia yang tergabung dari berbagai satuan kerja membagi 11 sesi ujian dan berhasil membagi waktu ujian dengan tepat waktu," jelas Cecep A. Faisal usai mengantar 378 peserta yang mengikuti sesi terakhir Seleksi Kompetensi Dasar di Kantor Walikota Jakarta Timur, Senin (5/11/2018) malam.

Peserta yang ikut seleksi menurut Cecep A. Feisal melalui proses yang sangat ketat. Ada tahapan mulai dari pendaftaran sampai seleksi adminstrasi sebelum masuk ke SKD. Cecep menyatakan seluruh panitia pun mengambil peran masing-masing demi menjaga kelancaran standar dan operational prosedur ujian berbasis kompter atau Computer Assisted Test (CAT) itu.

“Kendala sih pasti ada, tapi berkat bantuan teman-teman semua kita berhasil melaksanakan ini. Seperti layaknya melayani masyarakat, kita juga melayani peserta dengan prima sehingga seluruh sesi bisa dilaksanakan tepat waktu,” ungkapnya. 

Sebelum masuk ke gedung ujian, para peserta wajib menunggu panggilan panitia di lapangan basket areal Kantor Walikota Jakarta Timur. Selanjutnya pun dilakukan pengecekan kartu identitas hingga kartu ujian oleh para peserta.

“Manusiawi kalau ada yang telat, tapi kami berusaha mungkin menepati aturan yang ada. Kami mengerti banyak peserta yang berasal dari luar Jakarta, tapi kami juga berikan pengertian sebaik mungkin dan dengan pelayanan prima pastinya,” tambah Kepala Biro Kepegawaian dan Organisasi saat ditanya mengenai salah satu kendala yang hendak dirasakan  panitia selama tiga hari.

Seusai pengecekan kartu tanda pengenal, peserta diarahkan untuk mengisi daftar hadir dan menitipkan barang pribadi mereka. Setiap peserta dilarang membawa apapun kecuali kartu tanda peserta ujian SKD CAT. Pengamanan berlapis itu sesuai prosedur yang berlaku dan ditetapkan langsung oleh BKN agar ujian terlaksana dengan akuntabel.

Bahkan, sebelum masuk ke ruang tunggu pelaksanaan ujian, setiap peserta juga harus melewati body scanner yang disediakan Panselnas dari BKN. Menurut Kepala Biro Kepegawaian dan Organisasi, setiap panitia dari kementerian atau lembaga negara hanya memiliki tugas sampai registrasi pesertanya saja.

“Pelaksanaannya ya ini adalah tes pertama yang namanya TKD, kemampuan dasar. Nanti ada lagi selain lolos dari sini baru ke TKB, tes kemampuan bidang. Selain itu barulah ketahuan nanti siapa yang mendapatkan nilai terbaik itu yang dapat lolos,” tambah Cecep.

Seluruh proses ujian menggunakan komputer hingga hasilnya adalah wewenang penuh Panitia Seleksi Nasional BKN. Maka dari itu, panitia seleksi dari Kementerian Kominfo juga belum bisa memastikan siapakah yang akan memenuhi kuota untuk tahapan selanjutnya.

“Misalnya ternyata lebih banyak yang tidak lulus, siapakah yang dipaksakan atau memenuhi kuota. Ya itu semua tergantung BKN, kita di sini atau Kementerian itu tidak berwenang mengenai masalah kelulusan, ” kata Cecep menjawab pertanyaan akuntabilitas kelulusan peserta SKD.

Tahapan Seleksi Kemampuan Dasar CPNS Kementerian Kominfo tahun 2018 masih akan berlanjut ke dua kota beriikutnya yaitu Makassar, Sulawesi Selatan dan Jayapura, Papua. Tes SKD di Makassar akan berlangsung pada tanggal 8 November 2018, sementara di Jayapura akan dilaksanakan pada 16 November 2018. Peserta di Kota Makassar terdaftar sebanyak 370 orang, sementara di Jayapura 29 orang peserta ujian. Biro Kepegawaian dan Organisasi juga telah menyiapkan panitia registrasi yang akan bertugas pada dua kota tersebut. “Nanti kami akan mengajak Balai Monitoring untuk membantu kami mengatur para peserta di sana,” tutup Cecep.

Setiap akhir sesi, peserta ujian bisa memantau peringkat hasil ujian dari empat layar televisi yang disediakan Panselnas dari BKN. Bahkan bisa dipantau secara realtime sejak Computer Assisted Test dimulai. Perlu diketahui, total pelamar yang mengikuti seleksi administrasi CPNS Kementerian Kominfo 2018 sejumlah 5671 peserta. Namun, pada akhirnya didapatkan total peserta yang memenuhi syarat dan dapat mengikuti Tes CAT SKD di Jakarta sejumlah 4.328 orang.  Pelaksanaan Tes SKD CAT di Jayapura pada tanggal 8 November 2018 sejumlah 29 orang dan selanjutnya di Makassar pada 16 November 2018 sejumlah 370 peserta. (ABPP)