Bantuan Dapur Umum Bagi Korban Banjir di Wilayah Kecamatan Arut Selatan Terus Bergulir

MMC Kobar - Banjir yang melanda beberapa wilayah di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengakibatkan rumah terendam dan terputusnya akses jalan karena genangan air sehingga menghambat aktifitas dan kegiatan masyarakat sehari hari. Beberapa wilayah di Kecamatan Arut Selatan (Arsel) juga terdampak banjir, terutama di daerah bantaran sungai dan daerah yang letak geografisnya rendah.

Bantuan bagi korban banjir terus bergulir. Hal ini dilakukan dalam rangka meringankan beban bagi masyarakat yang terdampak banjir. Bantuan bukan hanya berasal dari Pemerintah namun juga melibatkan banyak pihak. Berbagai aksi kepedulian untuk saling berbagi dan tolong-menolong sebagai bentuk rasa kepedulian terhadap sesama banyak bermunculan dengan melibatkan elemen masyarakat, komunitas dan organisasi sosial. Aksi kepedulian ini dalam rangka membantu dan meringankan pemenuhan kebutuhan terutama bagi masyarakat yang terdampak banjir saat ini. Posko relawan dan dapur umum pun berdiri, juga kegiatan penggalangan dana.

Pada hari Rabu (29/07) Bupati Kobar yang didampingi oleh tokoh masyarakat Kalimantan Tengah H. M. Ruslan AS, Plt. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kobar, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kobar dan Camat Arsel mengunjungi dan sekaligus memberikan bantuan kepada dapur umum para korban banjir di Kelurahan Baru, Mendawai, Desa Kumpai Batu Bawah dan Tanjung Terantang. Masing-masing dapur umum menerima bantuan sebanyak 20 paket berupa beras, minyak goreng, mie instant, telur, air mineral, susu, gula, kopi, kue, selimut dan 1 (satu) buah Gas LPG 5 kg. Bantuan tersebut dihimpun dari berbagai pihak dan disalurkan melalui Pemerintah Kabupaten Kobar.

Bupati Kobar, Hj. Nurhidayah menyampaikan rasa keprihatinan atas musibah yang menimpa dan meminta kepada masyarakat agar bisa sabar, ikhlas dan semangat. Dan berharap bantuan ini dapat meringankan beban hidup bagi masyarakat yang terdampak.

“Saya turut prihatin atas musibah banjir yang menimpa warga masyarakat dan saya meminta agar masyarakat bisa sabar, ikhlas dan semangat menghadapi musibah ini. Semoga bantuan ini dapat meringankan beban hidup bagi bapak/ibu yang terdampak. Bantuan ini jangan dilihat dari segi jumlahnya tapi ini merupakan kepedulian dan ketulusan dari berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta yang berkolaborasi dalam berbagi untuk sesama”, kata Hj. Nurhidayah.

Camat Arsel Muhammad Ramlan yang ikut serta mendampingi kegiatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih atas kepedulian dan rasa kemanusiaan dari berbagai pihak. Dan berharap semoga bantuan dapat membantu meringankan beban hidup masyarakat yang terdampak banjir.

“Kami dari Pemerintah Kecamatan Arsel menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah, para donatur dan seluruh pihak atas kepeduliannya dalam memberikan dan menyalurkan bantuan kepada korban banjir. Semoga bantuan ini dapat membantu meringankan beban hidup maasyarakat yang terdampak banjir”, kata Muhammad Ramlan.(humas kecamatan Arsel)