Atasi Permasalahan Sampah, DLH Kobar Koordinasi dengan Lurah Mendawai Seberang

MMC Kobar - Dalam upaya mengurangi permasalahan sampah di wilayah Kelurahan Mendawai Seberang, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) bertandang ke kantor Lurah Mendawai Seberang pada Jumat (06/03/2020). 

Dalam kunjungannya pihaknya disambut langsung oleh Lurah Mendawai Seberang Fahliansyah bersama jajarannya.

Menurut Kepala DLH Kobar, melalui Kabid PSLB3, M. Robiannor menjelaskan bahwa pihaknya harus duduk bersama dengan stakeholder di tingkat kelurahan/desa untuk mencari solusi atas permasalahan sampah.

"Kami terus menjalin komunikasi dengan para Lurah dan Kepala Desa untuk mencari solusi dalam mengatasi masalah sampah, karena hal ini merupakan kewajiban bagi setiap orang", ujar Robi. 

Sementara itu, menurut Lurah Mendawai Seberang, Fahliansyah mengatakan bahwa mereka sudah melaksanakan program pengambilan sampah dari rumah tangga setiap dua hari sekali dengan iuran lima ribu rupiah per bulan, di mana dana tersebut dipergunakan untuk biaya pemeliharaan kendaraan dan biaya operasional untuk pengambilan sampah dari rumah ke rumah.

"Keterlibatan Ketua RT sebagai pengelola kebersihan di wilayah mereka masing-masing kami fungsikan dan kami jadwalkan sehingga setiap Ketua RT wajib terlibat", ungkap Fahliansyah.

Lebih lanjut Fahliansyah menjelaskan bahwa terdapat kendala di lapangan yaitu kurangnya biaya operasional untuk melaksanakan pembuangan sampah langsung ke TPA Translik, Desa Pasir Panjang karena jarak tempuh yang terlampau jauh. "Kami berharap DLH Kobar dapat memberikan solusi agar tidak terjadi tumpukan sampah di pinggir jalan", tandasnya. 

Terkait kendala tersebut M. Robiannor menyatakan bahwa DLH Kobar melalui Bidang PSLB3 siap membantu dan berkolaborasi dalam kegiatan pengelolaan sampah yang telah dilaksanakan oleh pihak Kelurahan Mendawai Seberang.

"Untuk mengatasi kendala yang dihadapi pihak kelurahan, kami akan menyediakan armada yang akan mengambil sampah yang telah dikumpulkan oleh Ketua RT. Dalam hal ini petugas kebersihan akan melansir dari pick-up ke truk operasional sampah DLH Kobar, dengan menyesuaikan jadwal pembuangan dari pihak kelurahan", jelas Robi.

"Harapan kami, kegiatan yang telah dilaksanakan oleh kelurahan Mendawai seberang ini dalam pengelolaan sampah dengan melibatkan pengurus RT di wilayah mereka dapat juga dilaksanakan oleh kelurahan/desa lain yang ada di Kabupaten Kobar", pungkasnya. (riyan/karlan08)