Apel Siaga Angkutan Sampah Jelang Lebaran

MMC Kobar - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Bidang Pengelolaan Persampahan dan Limbah B3 menggelar Apel Siaga Angkutan Sampah Menjelang Lebaran yang dipusatkan di areal parkir Pangkalan Bun Park, Jumat (24/5).

Hal ini disampaikan langsung oleh Kabid Persampahan dan Limbah B3, M. Robiannor, S.P, M.P. dalam wawancara langsung usai apel siaga tersebut. Beliau menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan kesiapsiagaan armada angkutan sampah dalam melayani pengangkutan sampah khususnya di wilayah Pangkalan Bun dan Kumai.

“Kegiatan ini merupakan kesiapsiagaan DLH Kobar dalam mengantisipasi lonjakan penumpukan sampah baik sebelum, saat dan setelah lebaran,” ujar beliau.

Berbeda dengan hari biasanya, pada saat lebaran lonjakan penumpukan sampah di wilayah Pangkalan Bun dan sekitarnya cukup meningkat sangat signifikan, hal itu berimbas dengan dikerahkannya armada angkutan sampah lebih banyak dari biasanya guna terangkutnya semua sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dan membuat kota Pangkalan Bun menjadi bersih.

Untuk lebaran kali ini DLH Kobar mengerahkan armada angkutan sampah sebanyak 10 unit dump truk dan 1 pick-up yang disiagakan untuk melayani angkutan sampah.

“Kami mengimbau, kepada seluruh masyarakat Pangkalan Bun dan sekitarnya agar membuang sampah di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) pada jam yang telah ditentukan yaitu dari jam 21.00 s.d. 05.00 WIB, agar menghindari tidak terangkutnya sampah yang ada di TPS tersebut”, pungkas Robi. (karlan08/dlh kobar)