Alpukat Bukit Candi, Varietas Unggulan Kobar

MMC Kobar – Kotawaringin Barat (Kobar) miliki tanaman varietas unggul berupa buah alpukat. Buah Alpukat yang dinamai Alpukat Bukit Candi sudah terdaftar secara resmi sebagai varietas lokal di Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian dan menjadi milik masyarakat di wilayah yang bersangkutan.

Sertifikat dengan nomor :1391/PVL/2020 ini pada Jumat (11/9) diserahkan kepada Bupati Kobar oleh kepala UPT Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalteng.

Karakteristik Alpukat Bukit Candi ini memiliki ukuran agak membulat dan jauh lebih besar daripada varietas lainnya. Untuk rasa, alpukat tersebut bertekstur gurih dengan daging buah yang tebal. Dengan besarnya ukuran buah, maka untuk mencapai bobot 1 kilogram hanya dibutuhkan 2 buah alpukat ukuran sedang bahkan ada beberapa buah yang beratnya lebih dari setengah kilogram per biji.

Bupati Kobar Hj Nurhidayah mengatakan dengan sudah terdaftarnya Alpukat Bukit Candi ini, Kobar telah memiliki salah satu produk daerah yang bisa terus dikembangkan.

“Namun yang terpenting, varietas ini mampu memberikan manfaat secara ekonomi bagi masyarakat,” kata Hj Nurhidayah. Hj Nurhidayah menambahkan sebenarnya Kobar kaya akan sumber daya alam termasuk varietas buah-buahan khas yang tidak ada di tempat lain.

“Kita terus gali varietas unggul lainnya untuk bisa dilestarikan dan dikembangkan,” pungkasnya. (prokom kobar)