80 Pencari Kerja Ikuti Pelatihan Keterampilan di LLK

MMC Kobar - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui program peningkatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja tahun 2018 menggelar kegiatan pelatihan keterampilan bagi pencari kerja, berupa pelatihan tata kecantikan rambut, desain grafis, tata rias dan processing yang dilaksanakan secara serentak di Loka Latihan Kerja (LLK) Kabupaten Kobar Jalan Malijo Transito Kelurahan Madurejo, Rabu (4/7).

Dalam sambutannya, Kepala Disnakertrans Kobar Akhmad Yadi menyampaikan setiap tahun persaingan dalam memperoleh pekerjaan semakin tinggi. Karenanya agar mampu bersaing, haruslah dilakukan peningkatan pengetahuan dan keterampilan dari para pekerja itu sendiri.

(Baca Juga : Tingkatkan Partisipasi Politik Perempuan di Kecamatan Pangkalan Lada, Badan Kesbangpol Kobar Gelar Sosialisasi Pendidikan Politik)

“Untuk memulai usaha pertama kita harus berani, berani memulai usaha, kedua pengetahuan, memiliki pengetahuan dan ketrampilan, ketiga kualitas, memiliki kualitas produk yang baik, keempat pelayanan yang sebaik-baiknya, memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya pada konsumen.” katanya.

Sementara itu, Ketua Panita Penyelenggara Kegiatan Syahruni mengatakan, “Maksud dan tujuan pelatihan adalah untuk membekali peserta agar memiliki pengetahuan dan keahlian sesuai dengan kejuruan yang dimiliki."

Peserta pelatihan berasal dari beberapa kecamatan di Wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat, keseluruhan berjumlah 80 orang. Terdiri dari pelatihan tata kecantikan rambut, diikuti oleh 20 orang peserta dengan lama pelatihan 120 jam atau 15 hari, pelatihan desain grafis diikuti oleh 20 orang peserta, lama pelatihan 120 jam atau 15 hari, dan pelatihan tata rias diikuti oleh 20 orang peserta, lama pelatihan 80 jam atau 10 hari, serta pelatihan processing yang diikuti oleh 20 orang peserta dengan lama pelatihan 80 jam atau 10 hari.

Lebih lanjut Syahruni menjelaskan, “Pelatihan ini terdiri dari 30% teori dan 70% praktek, dengan banyaknya praktek diharapkan peserta menjadi terampil dengan pengetahuan yang telah diberikan sesuai dengan bidangnya masing-masing.” (*)