2 Peserta Lulus TKD CPNS Kobar Sesi Pertama Hari ini

Fenny Oktapriyani (kiri) dan Elia Azizah (kanan), peserta seleksi CPNS Kobar yang dinyatakan lulus TKD berdasarkan hasil nilai CAT (Computer Assisted Test) sesi pertama hari ini yang dilaksanakan di ruangan CAT Kantor BKPP Kobar, Senin (12/11). (Humas Diskominfo Kobar)

MMC KOBAR - Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Aida Lailawati menyebutkan bahwa pelaksanaan Tes Kompetensi Dasar (TKD) seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kobar pada sesi pertama hari ini, Senin (12/11), ada 2 peserta yang lulus.

“Saya bersyukur ada 2 dari 50 peserta pada sesi pertama hari ini yang lulus Tes Kompetensi Dasar, malah tadi saya khawatir tidak ada yang lulus. Alhamdulillah, mudah-mudahan tiap sesi ada yang lulus, dan keinginan kita, banyak yang lulus nantinya,” ujar Aida saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (12/11) pagi.

(Baca Juga : BMKG Imbau Masyarakat Waspada Bencana Ketika Musim Hujan )

Dikatakan Aida, pada seleksi CPNS tahun ini, di beberapa daerah banyak yang mendapatkan hasil kurang baik. Untuk itu, dia berpesan kepada peserta seleksi CPNS di Kobar agar mempersiapkan diri dengan maksimal.

“Kita sebelumnya sudah sering meminta mereka (pen. peserta CPNS Kobar) belajar maksimal, mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Kita sudah tahu, begitu sulitnya untuk lulus dengan sistem CAT (Computer Assisted Test), dan ini tidak hanya terjadi di Kalimantan Tengah saja, tetapi hampir di setiap daerah di Indonesia mengalami kesulitan dalam tes ini,” kata Aida.

Aida juga mengatakan, 2 peserta yang dinyatakan lulus TKD sesi pertama ini adalah peserta yang memenuhi ketentuan Nilai Ambang Batas (passing grade) yang sudah ditetapkan oleh Kemenpan RB.

“Peserta yang lolos seleksi TKD sesi pertama hari ini tadi, atas nama Fenny Oktapriyani dan Elia Azizah. Keduanya memenuhi passing grade yang sudah ditetapkan, dimana nilai TKW 75, TIU 80 dan TKP 143,” jelasnya.

Sementara itu, Fenny Oktapriyani, asal Kobar, salah satu peserta yang dinyatakan lulus tes CAT sesi pertama mengatakan bahwa soal-soal TKD tersebut dirasakannya sedikit sulit, apalagi dalam mengerjakannya hanya diberikan waktu selama 90 menit. Namun, dia pun mengucapkan syukur, setelah mengetahui dirinya dinyatakan lulus.

“Persiapannya belajar sih, dan itu nggak sehari, tiap hari saya belajarnya, sumber soalnya dari internet, download terus juga ada contoh soal dari teman yang lulus tes CPNS, juga dikasih. Memang agak sulit sih soalnya tadi, waktu yang begitu sedikit, itu juga yang membuat ketar-ketir mengerjakannya,” ujar Fenny yang mengaku baru pertama kali mengikuti tes CPNS.

Hal sama dikatakan peserta asal Jember yang juga dinyatakan lulus tes CAT sesi pertama, Elia Azizah, yang mengaku baru satu bulan tinggal di Kobar dan hingga saat ini masih mengajar di TK Kartini 2 Jember, menurutnya soal-soal tes tersebut cukup sulit. Namun, berbekal dari latihannya mengerjakan soal-soal di buku, berbagai sumber online dan juga mengikuti simulasi CAT dari BKN, itu sangat membantunya dalam mengerjakan soal tes.

“Persiapan saya dalam melakukan tes ini banyak melakukan latihan soal. Saya lakukan melalui buku cetak, kemudian simulasi CAT dari BKN dan juga beberapa sumber online. Ini (pen. soal TKD) sulit, tapi Insyaallah, soal-soalnya sudah bisa dipelajari di internet walaupun tidak sama persis, tapi tips dan triknya, Insyaallah sudah bisa di dapat,” ujar Elia menutup pembicaraan. (Humas Diskominfo Kobar)