12 Personil Linmas Desa Sei Bedaun Diberikan Pelatihan Dasar Penanggulangan Bencana Karhutla

Dokumentasi Kegiatan Pelatihan Dasar Penanggulangan Bencana Karhutla di Sungai Bedaun, Kamis (23/01). (bpbd kobar)

MMC Kobar - 12 anggota Linmas Desa Sungai Bedaun yang mewakili 8 RT di desa tersebut ditambah 2 orang perangkat desa mengikuti Pelatihan Dasar Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan, Kamis (23/1).

Pelatihan ini merupakan antisipasi pertama untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kesiapan perwakilan masyarakat dalam menghadapi bencana. 

(Baca Juga : Pelayanan Pembayaran Pajak Semakin Efektif, Efisien dan Transparan )

3 Personil BPBD Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) bersama 2 Anggota Manggala Agni DAOPS Pangakalan Bun, berkolaborasi menjadi pemateri pada acara yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Sungai Bedaun.

Menurut Jani, salah satu personil Linmas Sei Bedaun mengungkapkan bahwa pelatihan seperti ini sangat bermanfaat bagi para Linmas dalam menghadapi bencana.

"Akses wilayah yang agak jauh dari pusat kota membuat kami harus mandiri menangani bencana. Jadi pelatihan ini, sangat bermanfaat bagi kami,” tuturnya.

Selain untuk peningkatan ilmu pengetahuan tentang bencana kebakaran hutan dan lahan, dikenalkan pula berbagai peralatan yg digunakan dalam penanganan, seperti Mesin Pompa Air, selang, Nozzle dan HandTools. (dhidie/bpbdkobar)